silahkan di klik..

Rabu, 05 Mei 2010

Fungsi HP Sekarang

HP atau handphone adalah suatu alat untuk berkomunikasi yang praktis dan dapat dibawa kemana-mana.

Pada awal penciptaan telpon, Alexander G Bell berharap bahwa temuannya akan berguna di masyarakat luas. Penemuan telpon sangat berpengaruh terhadap kemajuan di berbagai bidang dan di segala sektor serta sendi-sendi kehidupan. Telpon yang pada mulanya hanya bisa mengirim sinyal lambat laut di modifikasi agar dapat mengirim suara dan sekaligus mendengar suara lawan bicara. Penyempurnaan telpon sampai pada bentuknya. Awalnya, telpon sangat besar dan sangat repot bila digunakan. Lambat laut bentuk telpon sekarang menjadi beragam dan praktis.


Sekarang kita juga lebih mengenal Telpon Selular atau Handphone yg biasa disebut HP. sama seperti telpon pada umumnya. HP diciptakan untuk memudahkan manusia berkomunikasi langsung terhadap orang lain, seperti telpon. Semakin hari juga semakin banyak HP yang beredar. Dari bentuknya yg besar sampai seukuran jam tangan.
Berbicara langsung sekarang sudah mulai ditinggalkan orang-orang kebanyakan dan para remaja umumnya. Para remaja mulai menggeser peran utama HP yg telah diciptakan. Mereka lebih sering menggunakan fitur-fitur tambahan yang ada dalam HP-nya dari pada menelpon. Jelas ini merupakan degradsi fungsi utama HP itu sendiri.

Kebanyakan para remaja sekarang mempunyai HP yang cangih dan beralasan selain menelpon mereka juga bisa menjalankan kesenangannya sendiri. Taukah mereka bahwa alasan mereka itu salah besar. Coba saja bandingkan fungsi mana yang lebih utama dipakai mereka. Sering menelepon atau menggunakan fitur tambahan dari HP tersebut.
Tidak dapat dipungkiri lagi kalau sekarang fungsi utama HP adalah bukan sekedar menelepon. Fungsi utama tersebut sudah terdegradasi dengan seiring majunya perkembangan zaman yang pesat.

Kebanyakan HP sekarang digunakan untuk berfoto, merekam video dan internetan. Ini semua terjadi karena penambahan fitur canggih kedalam HP tersebut. Tanpa ada kontrol sosial fitur-fitur tersebut dapat digunakan oleh sebagian oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat ia tanggung jawabkan. Sebut saja foto, foto dengan mudah diambil lalu disebarkan didunia maya dengan begitu saja.

Belum lagi fitur yang sangat berbahaya satu ini. Video recorder, ya fitur yang sebenarnya sangat positf ini seringkali disalah gunakan. Merekam segala sesuatu dan menyimpannya ataupun menyebarkannya tanpa pikir panjang. Sangat berbahaya jika para remaja yang baru mencari jati diri dibiarkan menggunakan HP yang canggih.

Belum lagi sekarang ada wabah "facebookholic". Pungsi utama HP manjadi alat untuk membuka jejaring sosial satu ini, Facebook. Lihat saja disekitar kita. Kirim pesan saja tidak lagi menggunakan layanan pesan singkat. Kirim pesan bisa lewat inbox facebook. Mau berbincangpun begitu, cukup melalui chat di facebook.

Dengan jejaring satu ini para remaja beranggapan semuanya bisa terwakilkan dan bebas berexpresi. Dari pada langsung berbicara dengan lawan bicaranya. Itulah kenapa fungsi fitur tambahan di Hp sangat disukai oleh para remaja sekarang ini.


Benar-benar degradasi fungsi yang sudah sangat jauh. Semoga saja Handphone mampu bertahan seiring berjalannya waktu yang terus maju.

7 komentar:

disatiaFe_arisena mengatakan...

Wah iya, kita sampai lupa bahwa semuanya berkat Alex G Bell!

candra mengatakan...

berkat beliau kita dapat berselancar didunia maya ini juga lho...jangan lupa itu.

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

mulai rancu sekarang..

candra mengatakan...

ditunggu aja gan... jangan sampai fungsi hp jadi buat fb-an aja

cellular mengatakan...

semakin mudah menjalin komunikasi dimana saja, artikelnya keren banget nih sob, thx

riky mengatakan...

artikel yang mantap sob...gue suka..

songket palembang mengatakan...

ya tinggal kita yang menentukan buat apa hp kita apapun itu fungsinya asal positif